7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

7 Kesalahan Fatal ini bisa kawan-kawan jadikan pelajaran agar terhindar dari kebangkrutan dan bisnis yang tidak sehat. Nah, sebenernya kang Dewa sudah menuliskan 7 Kesalahan Fatal ini lengkap dengan solusinya di buku 7KFPP.

1. ASAL ACTION

Banyak Action itu bagus. Tapi kalau asal Action aja tanpa ada ilmunya, itu sama aja bunuh diri

Bayangkan saja, kita belum tau ilmunya, tiba-tiba langsung action, matilah sudah

Jangan telen mentah-mentah kata-kata motivator yang ngomporin untuk buka bisnis, Bisnis itu enak, Bisnis itu bisa jalan-jalan dan setelah itu Anda pun pasti bingung apa yang harus di Actionkan bukan?

Mungkin dalam benak Anda terlintas :

🗣 Saya harus mulai dari mana?

🗣 Saya Bingung mau bisnis apa

🗣 Saya gak punya modal

🗣 Saya gak punya pengalaman

🗣 Saya gak ada bakat

Pertanyaan-pertanyaan diatas wajar. Penyebabnya cuma satu, yaitu KITA BELUM TAHU ILMUNYA.

Maka tugas kita adalah cari tahu ilmunya, bukan hanya sekedar Action

Asal action cuma bisa membuat kita gagal. Faham maksud nya kan?

Sekarang belajar sudah gampang, akses ilmu terbuka lebar. Anda bisa ikut mentoring, workshop, dll

Jangan banyak alesan, kalau gak punya modal untuk ikut mentoring atau workshop Anda bisa ikut komunitas-komunitas bisnis yang positif secara gratis. Atau silaturahim ke rumah mastah, bawain martabak. Hehe

2. IKUT-IKUTAN

Pernah gak Anda melihat bisnis yang dulunya sempat Booming tapi setelah itu menghilang gak ada kabar

Bisa jadi karena pondasi bisnisnya gak kuat. Cuma ikut-ikutan aja

Sebenernya Ada dua kemungkinan

1⃣ Pengusahanya cuma ikut-ikutan, atau

2⃣ Produk bisnisnya yang ikut-ikutan

Jika sekiranya Anda buka bisnis hari ini, bisnis apa yang akan Anda buka? Apakah sesuai sama hasrat Anda? Atau cuma ikut-ikutan aja.

Biasanya karena orang lain sukses dengan bisnisnya, kita ikut-ikutan meniru bisnis mereka. Padahal bidang bisnisnya belum tentu pas dengan diri kita.

Kita gak faham tentang seluk beluk bisnisnya

Ngeliat bisnis sebelah rame dan punya omset tinggi kita ikut-ikutan

Misalnya, Anda ngedenger ada pengusaha sukses punya omset 7 miliyar karena bisnis keripik. Bisnisnya laris, banyak yang ngantri sampe-sampe ada Waiting Listnya.

Kita iri dan akhirnya meniru julan keripik juga.

Tebak apa yang terjadi?

Belum juga tiga bulan jalan, bisnis udah almarhum

Boro-boro sukses kaya dia, kita malah bangkrut. Produk kita gak laku

3. GAMPANG PERCAYA

“Membangun kepercayaan butuh waktu beberapa tahun. Tapi, Menghancurkannya hanya butuh waktu 1 detik”

Mas, katanya untuk menjalankan sistem bisnis, kita harus percaya sama tim?

Betul, tapi bukan berarti kita harus percaya 100% sama Tim

Apalagi bagi kita yang baru mulai bisnis, jangan terlalu GAMPANG PERCAYA sama orang. Ini bisa jadi kesalahan FATAL..

Diantara 7 kesalahan fatal yang di bahas di buku ini,, kesalahan ketiga ini adalah kesalahan yang berdampak luar biasa bagi kehidupan kang Dewa.

Karena terlalu percaya dengan partner, kang Dewa harus menanggung kerugian 7,7 Miliyar.

Semoga itu gak terjadi kepada Anda. Sekarang apa solusinya?

Kuncinya “JANGAN GAMPANG PERCAYA”

Kenali siapa pun yang akan kerjasama dengan Anda atau menjadi karyawan Anda

Datanglah sesekali ke rumahnya supaya tau alamatnya bener apa nggak

Kalau mau cari karyawan, cek perusahaan lama tempat dulu dia kerja, bisa jadi dia cuma nyantumin doang tapi sebenarnya belum pernah kerja disana. Jika awalnya aja udah gak baik, berati ada kemungkinan dia bisa berbuat curang yang lebih besar

Jika ingin kerjasama, Buat Perjanjian, kalau perlu pakai notaris karena notaris punya kewajiban ngecek semua dokumen Anda dan pihak kedua.

Jangan melakukan apapun sebelum perjanjiannya ditandatangani

Terakhir, meskipun kerjasama udah berjalan dan udah ada perjanjiannya, Anda tetep harus selalu cek dan ricek setiap laporannya, jika ada yang mencurigakan Anda bisa mengenalinya dari awal untuk mencegah penipuan dan kerugian lebih besar lagi

4. INGIN CEPAT

“Segala Sesuatu Yang Diraih Dengan Cepat Akan Berakhir Dengan Cepat”

Ini adalah kesalahan fatal yang paling sering dialami oleh pengusaha pemula

Cepat itu boleh, tapi kalau “INGIN CEPAT” itu yang nggak boleh. Kenapa?

Karena dengan menambahkan kata “INGIN” biasanya kita menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang kita inginkan

👉 Baru buka, langsung rekrut karyawan

👉 Baru Buka, Langsung Sistemasi

👉 Baru Buka, Langsung Buka Cabang

“Speed Is Killing. Endurance Is Shomething”

Kecepatan itu membunuh, kesabaran adalah segalanya

Ingat! segala sesuatu yang diraih dengan cepat, akan berakhir dengan cepat

Mungkin dari luarnya saja terlihat besar, tapi nyatanya di dalamnya keropos iya  gak?

Kalau cuma Ingin cepet dan gak mau Sabar pasti buruk dampaknya Kenapa?

Misalnya  ketika Bisnis Anda sedang paceklik, pasti dibutuhkan kesabaran yang ekstra untuk mengelolanya

Biasanya pengusaha pemula akan bersemangat ingin kaya cepet, tapi ketika bisnisnya sepi kebanyakan dari mereka yang langsung gulung tikar dan menyerah Semoga kita tidak demikian😊

5. BANYAK GAYA

“Kaya Itu Karakter. Kalau Cuma di Tampilan Doang, Itu Bukan Kaya. Tapi Banyak Gaya!”

Sombong, Inilah penyakit yang sering menjangkit pengusaha pemula.

Cara penyebarannya seperti virus, gak terdeteksi kapan masuknya ke dalam tubuh namun keliatan efeknya dari penampilan, bahasa tubuh, dan gaya bicara.

Bisnis baru menghasilkan omset 50 juta, sudah inden mobil BMW, padahal baru omset, bukan profit.😃😃

Percaya atau tidak, ketika Anda bersikap sombong, itu adalah awal dari kehancuran bisnis Anda

Anda lupa dengan siapa yang menitipkan harta, lupa Tuhan Anda siapa

Jadilah pengusaha yang rendah hati. Saat berbicara omset, gak melebih-lebihkan

“Orang Kaya Sebenarnya Akan Terlihat Wajar Dalam Keadaan Sulit Maupun Senang. Ia Tidak Akan Terlihat Terlalu Senang Ketika Sedang Senang Dan Tidak Akan Terlalu Terlihat Sulit Saat Keadaan Sulit”

Kunci sederhana itu memenuhi keperluan dengan apa yang ada, bukan mengada-adakan yang tidak perlu

6. MUDAH HUTANG

Awal-awalnya mungkin karena memang gak ada modal, akhirnya terpaksa utang.

Tapi lama kelamaan menjadi kebiasaan. Sampai terbentuk mental MUDAH HUTANG

Berhutang itu gak salah, tapi jika di awal-awal bisnis sudah berhutang, bisa jadi masalah Kenapa? Karena kita akan dihadapkan dengan sesuatu yang tidak pasti

Bisnis itu gak pasti, Omset per bulannya gak pasti penghasilan kita dari bisnis gak pasti, Sedangkan yang namanya hutang itu bayarnya pasti. Gak masuk akal kan kalau kita harus membayar sesuatu yang pasti dengan sesuatu yang tidak pasti

Kalau seandainya cicilan hutang Anda 3 juta per bulan tapi penghasilan Anda 2 juta per bulan, gimana cara bayarnya? Faktanya, gara-gara kepepet bayar hutang banyak yang ngambil prinsip GALI LUBANG TUTUP LUBANG. Berhutang lagi buat bayar hutang sebelumnya

7. BUTA FINANSIAL

Banyak yang ingin mencapai kondisi BEBAS FINANSIAL

Tapi BUTA FINANSIAL

Kata pak Heppy Trenggono, mengatakan bahwa 70% pengusaha di indonesia itu Financially Incompetence alias BUTA FINANSIAL

Maaf jika saya banyak tanya. Ini cuma tes awal untuk mengetahui apakah Anda termasuk pengusaha
yang Melek Finansial atau Buta Finansial.

Jika Anda termasuk kategori yang pertama, syukurlah, Anda terbebas dari kesalahan fatal ini

Saya harap dari materi ini kawan-kawan segera actionkan dan benar-benar jalani dengan serius.