Apa yang Membatasi Kesuksesan Anda

Apa yang Membatasi Kesuksesan Anda

APA YANG MEMBATASI KESUKSESAN ANDA??

Harap baca pelan-pelan ya. Ini bukan tentang apa yang membuat anda sukses atau tidak, tapi tentang mengapa sukses yang anda raih itu jadi terbatas, padahal sukses itu bisa Unlimited atau tanpa batas.

Jadi bab ini adalah tentang cara agar kesuksesan anda bisa menembus batasan yang sama sekali anda tak duga.

Sukses itu tidak lagi linear atau residual tapi saat ini bisa eksponensial. Sumber penghasilan dan pendapatan anda tidak harus satu, bahkan bisa puluhan, ratusan, ribuan dan seterusnya…terserah anda.

Lalu apa yang membatasi anda sehingga belum mencapai itu semua?

1. NIAT
Coba cek lagi dan jawab dengan jujur. Apakah anda pernah niat untuk kaya raya dan berkelimpahan? Kalau ditanya, pasti banyak orang masih ditahap ‘mau’ atau ‘ingin’ saja belum sampai level ‘butuh’.

Jika anda sudah butuh sukses sama seperti butuh oksigen, tidur, makan dan minum, maka anda telah memiliki niat yang kuat. Tapi banyak diantara kita yang tertipu oleh realitas, terhipnotis oleh kondisi sehingga alih-alih memikirkan sukses, kita sibuk untuk mengejar kebutuhan sehari-hari saja selama ini.

Seandainya sudah punya niat pun, apakah niat anda untuk sukses sudah mewujud menjadi gambaran dalam benak anda? Apakah anda tau detail tentang apa yang anda ingin wujudkan? Atau masih sebatas andai-andai?

Ada 7 aspek yang harus terpenuhi untuk menjadi orang yang sukses tanpa batas. Yaitu, spiritual, sosial, material, karir, skill, fisikal, pleasure, Apakah anda sudah punya detail tentang itu semua?

Kemudian, apakah yang mendasari niat anda ini? Fokus untuk diri sendiri atau sudah bergeser menjadi fasilitas untuk melayani orang lain?

Lalu bagaimana cirinya punya niat??

Ya sama seperti ketika anda puasa, sholat dan ibadah lainnya ada niatnya dan nggak asal-asalan, sesuai rukun dan aturan yang ada. Sukses juga demikian. Niatin, ikutin aturan mainnya dan fokus.

Kabar baiknya, sangat sedikit orang yang benar-benar niat untuk sukses. Di muka bumi ini baru 1 % saja sementara di Indonesia baru 5 %. Peluang masih lebar untuk anda.

Jangan anggap sepele masalah niat ini. Kayaknya buku-buku barat nggak pernah bahas tentang niat deh. Padahal segala sesuatu tergantung dari niatnya.

Mengapa ada orang yang malas, menunda-nunda, banyak alesan, selalu cari pembenaran serta melakukan hal-hal yang tidak positif??? Jawabnya anda sudah tahu! Karena nggak niat sukses!

2. MINDSET

Baik…saya anggap anda sudah punya niat sukses. Ada hal yang paling penting sebagai fondasi kesuksesan yakni MINDSET.

Besar kecilnya ukuran kesuksesan tergantung mindsetnya. Kaya atau pas-pasan itu tergantung mindset. Saya berani mengatakan bahwa mindsetlah yang menentukan nasib anda.

Mindset adalah sekumpulan ide dan informasi yang tersimpan dalam pikiran bawah sadar seseorang sebagai pusat pengambilan keputusan.

Anda begini saat ini ya karena mindset anda yang anda miliki. Jika anda kehilangan mindset anda saat ini lalu ditukar dengan mindsetnya Jeff Bezos, maka meskipun anda tak punya apapun saat ini maka dalam waktu setahun anda akan menjadi orang terkaya di planet ini. Btw, per kamis kemarin Jeff Bezos sebagai pemilik Amazin.com sudah mengalahkan Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia.

Kita sekolah hingga kuliah, belajar berbagai macam, membaca banyak buku serta berguru kepada siapapun dalam rangka menginstall, membentuk dan mengubah mindset anda.

Anda tentu sudah familiar dengan kalimat “Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum atau seseorang jika kaum tersebut tidak mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri” maka mindset itulah yang diubah.

Tugas anda selanjutnya adalah investasikan diri anda baik waktu, biaya, emosi, tenaga untuk hal-hal yang meninggikan mindset anda dan mendukung untuk mencapai kesuksesan. Tulisan ini hanya salah satunya. Jika anda sudah meyakini bahwa mindset itu yang terpenting, maka sukses hanya persoalan waktu.

Mindsetlah yang menjadi cangkang anda. Mindset adalah wadah rezeki anda, mindset juga yang menentukan langkah anda selanjutnya

3. SOMBONG

Sombong sengaja saya masukkan disini sebagai salah satu penyebab mengapa orang tidak bisa sukses.

Sombong ini bukan saja merasa lebih dibandingkan yang lain, tetapi juga karena dia sudah berani menjadi pesaing Tuhan. Apakah Tuhan mengizinkan di muka bumi ini ada pesaing-Nya? Maka yang akan menghancurkan dengan amat tragis adalah kesombongan.

Aaah…ini seperti buku agama saja? Atau tentang budi pekerti? Bukan….bukan konteks itu yang saya maksudkan. Tapi ada aspek kesombongan lain yang selama ini gagal dipahami kebanyakan orang.

Sombong dalam konsep Unlimited Success adalah sombong negatif dan sombong positif.

Contoh sombong negatif adalah sebuah bentuk kesengajaan atau ketidaksengajaan berpikir yang membuat Allah menjadi kecil, lemah, tak mampu dan tak berdaya baginya. Semua kekuasaan Allah jadi tidak tampak karena lebih mengedepankan kekurangannya.

Contoh:
– Jika anda tidak yakin bahwa anda bisa jadi miliarder, itu sudah meremehkan kemampuan Tuhan. Anda sudah sombong bahwa miliaran itu lebih besar daripada kesanggupan Tuhan.
– Jika anda berprinsip bahwa anda nggak mampu pergi umroh atau haji karena masalah biaya, artinya anda menganggap remeh bahwa Tuhan tak bisa menjamin anda.
– Jika anda mengeluh tentang biaya, peluang, kesempatan, persaingan, penyakit, kelemahan atau keluhan lainnya, maka itu bentuk kesombongan. Seolah-olah itu semua lebih besar dibanding kekuasaan Tuhan. Anda lebih membesar-besarkan kendala dan rintangan dibandingkan solusi dari Tuhan.

Dunia ini bergerak berdasarkan persepsi anda. Dan prasangka anda terhadap (kemampuan) Tuhan adalah bentuk do’a yang terus menerus anda panjatkan tanpa henti.

Itu baru sombong negatif. Anda menyembah kebodohan, kelemahan, ketidakberdayaan diri anda sendiri dan selalu mengalah bukan mengalahkan. Selalu menunduk bukan menundukkan itu semua.

Berikutnya adalah sombong positif.

Yakni sebuah bentuk kesengajaan atau ketidaksengajaan berpikir yang membuat Allah lebih kecil dibandingkan segala kelebihan yang ada baik pada diri sendiri maupun orang lain. Segala bentuk kekuasaan Allah menjadi tak tampak karena lebih mengedepankan kelebihan dirinya atau orang lain.

Contohnya,
– Jika anda meyakini bahwa ikhtiar anda yang membuahkan hasil, itu sudah sombong.
– Jika anda menyangka bahwa pengetahuan dan ilmu anda yang membuat anda sukses, itu sudah sombong.
– Jika anda percaya bahwa relasi anda yang bisa membantu anda sukses, itu termasuk sombong.
– Jika anda berpikir bahwa fisik rupawan, tenaga yang kuat, tubuh yang bagus yang mampu mendatangkan klien dan order maka itupun salah satu bentuk kesombongan.

Dan masih banyak lagi bentuk kesombongan lain yang akan menghambat, membatasi serta mampu menghancurkan kesuksesan anda.

Dampaknya adalah jika anda berhadapan dengan yang lebih rajin, cerdas, tampan, cantik, kaya, sukses, tinggi jabatannya serta apapun yang lebih dari anda akan mampu membuat anda mengalami tiga hal, membencinya, minder dan merasa rendah diri atau kagum berlebihan.

Itulah Sombong positif yakni menyikapi sudut pandang anda terhadap orang lain atau atau diri sendiri seolah menjadi ‘penguasa’ atas segala sesuatu selain Allah.

Padahal esensi dari UNLIMITED SUCCESS adalah Fearless & Happiness. Tidak ada halangan apapun yang menghalangi, mengganggu dan menghambat anda karena keyakinan bahwa tiada daya, energi, kekuatan atau kesuksesan apapun tanpa seizin-Nya.

Pastikan anda bermindset seperti ini dan ajukan dalam do’a anda..

“YA ALLAH, BERIKAN AKU KEYAKINAN YANG BULAT SEBAGAIMANA PARA KEKASIHMU, BAHWA TAK ADA YANG LEBIH HEBAT DIHADAPANKU SELAIN ENGKAU, TAK ADA YANG LEBIH KUAT DIHADAPANKU SELAIN ENGKAU, TAK ADA YANG LEBIH MULIA DIHADAPANKU SELAIN ENGKAU!”

4. ILMU

Setelah mental block tadi sudah diatasi, baik perkara niat, pembetulan mindset dan kesombongan, maka selanjutnya adalah aspek yang menjadi wadah kesuksesan anda.

Wadah kesuksesan adalah sesuatu yang anda siapkan untuk menerima sukses sesuai dengan batas dan ukuran wadah tersebut. Wadah ini pula yang membatasi seberapa luas kesuksesan anda. Maka tugas

Kita adalah terus menerus secara konsisten memperluas batasan dari wadah kesuksesan kita.

Ilmu adalah salah satu media untuk mewadahi kesuksesan dan anugrah dari Allah. Tanpa ilmu, seseorang tidak akan memiliki kemampuan untuk menerima sukses lebih banyak lagi.

Segala sesuatu di alam raya ini ada ilmunya. Maka semakin luas ilmu seseorang, semakin besar kapasitas wadah kesuksesannya. Kuasai banyak ilmu yang berkaitan dengan bagaimana meraih kesuksesan dunia akhirat.

5. PERGAULAN

Dengan siapa anda bergaul akan menentukan nasib anda. Bahkan 5 orang yang paling dekat dengan anda saat ini menentukan tingkat penghasilan anda.

Pergaulan anda menentukan pola pikir, wawasan, bahasa sehari-hari serta strategi percepatan kesuksesan anda. Maka perbaiki kualitas pergaulan anda. Berkumpulah dengan mereka yang sudah menjadi bagian dari rencana sukses anda.

Masih ada beberapa lagi yang menjadi barriers atau hambatan kita untuk mencapai UNLIMITED SUCCESS….