Ber Ma’rifat kepada Alloh s.w.t

Ber Ma’rifat kepada Alloh s.w.t

Ber Ma’rifat kepada Alloh s.w.t

Jalan menuju Alloh s.w.t yang dikenal dengan ber Ma’rifat atau mengenal Alloh s.w.t merupakan suatu aktifitas yang sangat luhur dan mulia. Kita sebagai Manusia harus mengenal Tuhan yang menciptakan kita dengan pengetahuan yang yakin dan tidak dibarengi dengan kebimbangan dan keraguan.

Alloh SWT

Ma’rifat

Ber Ma’rifat kepada Alloh s.w.t merupakan kewajiban kita, karena Ma’rifat merupakan fondasi yang kokoh dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.

Dengan ber Ma’rifat kepada Alloh s.w.t kita akan mengenal dan memahami secara teliti kehidupan alam semesta dan alam ghoib yang berada di balik kehidupan nyata di dunia ini. Ma’rifat kepada Alloh s.w.t akan mengakibatkan pngenalan dan pengetahuan terhadap berbagai hal yang terjadi dimasa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Bahkan manusia akan memahami suatu kehidupan yang merupakan kelanjutan dari kehidupan di dunia. isalnya kehidupan dan pengatahuan tentang alam barzakh, kehidupan akhirat, seperti hari kebangkitan, hari hisab atau perhitungan amal perbuatan manusia dan hari pembalasan.

Ber Ma’rifat kepada Alloh s.w.t

Dengan ber Ma’rifat kepada Alloh s.w.t secara mendalam maka akan terbuka cakrawala dan pengetahuan terhadap makhluk-mahkluk ciptaan Nya yang ada di alam semesta. Dengan bekal pengetahuan ini maka akan lahirlah berbagai macam ilmu pengetahuan termasuk sains dan teknologi, serta pengetahuan-pengetahuan agama. Kesimpulannya Ma’rifat adalah menjadi induk dan sumber dari segala ilmu pengetahuna, baik yang lahir maupun yang batin, pengetahuan eksidential maupun pengetahuan transendential. Dengan demikian akan tertanam akidah tahuid yang murni pada setiap diri manusia beriman.

Ber Ma’rifat kepada Alloh s.w.t dapat ditempuh dengan 2 cara berikut ini :

  1. Ma’rifat dengan akal fikiran
  2. Ma’rifat dengan Asmaul Husna

Mari kita ber Ma’rifat agar terbuka mata batin dan kesempurnaan pengetahuan kita sebagai manusia. Sedikit sekali dari kita memikirkan hakekat kehidupan ini, karena kemilau dunia membuat kita silau akan kenikmatanya yang semu, jangan sia-siakan waktu dan kesempatan yang ada didepan kita saat ini untuk mengenal Alloh s.w.t agar karunia keberkahan hidup dapat kita miliki.