Hakekat Kekayaan

Hakekat Kekayaan

KEKAYAAN = KEMAMPUAN.

Banyak orang yg masih bingung dengan istilah kaya. Mereka merasa tidak nyaman jika dikatakan mengejar kekayaan. Meskipun dalam hati merasa bangga dikatakan kaya, umumnya mereka berkelit karena merasa tidak nyaman dikatakan kaya. Bagi mereka ini kaya berarti kemewahan. Mereka suka tetapi merasa tidak enak krn didikan lingkungan kita dulu begitu.

Sebenarnya *Kekayaan adalah sama dengan kemampuan untuk bertahan dengan gaya hidup yang ada, tanpa harus bekerja.*

_Penelitian yg dilakukan Gallup International menunjukkan bahwa rata rata eksekutif ibukota di Asia yang kaya, mampu bertahan 90 hari dengan gaya hidup yg ada apabila besok dia berhenti bekerja. Setelah itu mereka harus mulai menjual asset atau berhutang._

*Kaya itu relatif.*Sebagian orang merasa kaya ketika mempunyai uang 10 jutam sebagian orang merasa tidak kaya meskipun memiliki uang 10 milyar. Kalau menurut majalah Forbes, orang kaya adalah orang yang memiliki penghasilan diatas 1 juta dollar per tahun.

Sedang menurut Robert T Kiyosaki yang mengutip dari gurunya Buckminster Fuller bahwa kaya adalah bukan besarnya active income Anda, melainkan kaya adalah passive income lebih besar dari biaya hidup. Yang dimaksud passive income atau residual income disini adalah penghasilan yg masuk tanpa harus bekerja. Itu adalah penghasilan dari aset yg dulu kita bangun atau orang tua kita bangun.

Sebagai perbandingan Mike Tyson, dia menghasilkan 300 juta USD sewaktu bertinju, tetapi ia bangkrut dan berhutang 35 juta USD. Maka sebetulnya Tyson bukan termasuk orang kaya. Begitu pula mereka yang memiliki penghasilan tahunan 1000000 USD tetapi pengeluarannya 1,23 juta USD/tahun.
Pertanyaan penting untuk Anda adalah :

_1. Jika besok Anda berhenti bekerja, berapa lama Anda dapat bertahan hidup Anda yg sekarang tanpa harus menjual aset aset yang Anda miliki ?_

_2. Lalu bagaimana kita bisa kaya menurut versi Robert T Kiyosaki dimana passive income lebih besar dari biaya hidup ?_