Hijrah

Hijrah

Hijrah berarti berpindah, bergeser ke posisi yang lebih baik, bahasa gaulnya move on. Kita pasti pernah mengalami yang namanya perubahan hidup, istilah hijrah bukan hanya di artikan berpindah secara fisik tetapi juga niat yang ikhlas untuk menjadi lebih baik.

Syarat agar usaha hijrah kita efektif adalah interokpeksi diri dan bersedia untuk melepaskan kesombongan diri.

Berikut ini langkah-langkah hijrah yang didapat dari beberapa nasihat, buku-buku dan pengalaman hidup :

Langkah Pertama : Tetapkan Tujuan

Apabila kita ingin pindah dari satu tempat ke tempat lain yang lebih baik, tetapkan dulu tujuan nya agar didapat arah yang tepat untuk melangkah.

contoh :

  • awalnya kita masih menggunakan riba berubah menjadi berusaha hidup bebas dari riba.
  • biasanya sering menunda-nunda berubah menjadi bisa tepat waktu
  • biasanya kurang rapih menjadi biasa rapih dan bersih
  • makan sembarangan menjadi biasa makan sehat
  • kurang istirahat menjadi berusaha cukup istirahat

Langkah kedua : Periksa Lingkungan

Apakah lingkungan tempat kita hidup mendukung tujuan-tujuan kita, jika iya maka maksimalkan dengan melakukan yang terbaik. Jika tidak maka kita perlu pindah lingkungan yang tepat yang lebih baik dan mendukung pencapaian tujuan kita.

Langkah ketiga : Buat Persiapan

Buatlah persiapan langkah-langkah yang menuntun arah tindakan kita agar tetap pada jalur menuju ke tujuan yang sudah ditetapkan. 

Contoh : 

Ingin pensiun di usia 50 tahun dengan penghasilan pasif 250 juta perbulan. Maka fokuslah untuk menyiapkan checklist nya seperti :

  • modal
  • ilmu
  • guru / mentor
  • relasi / sumber daya
  • ide usaha

persiapan harus dilakukan sepenuhnya 100% dari langkah awal / start sampai langkah menjelang tercapainya tujuan / finish. Tujuannya agar fokus terjaga dan perjalanan dapat dinikmati.

Langkah keempat : Mengambil Tindakan

Tindakan adalah cara wajib dalam mewujudkan apa yang pikirkan menjadi kenyataan, pencapaian tujuan tanpa tindakan adalah hal yang mustahil.

Strategi jitu dalam pencapaian adalah membelah-belah action menjadi langkah-langkah kecil (breakdown goal). 

  • tahun pertama – membuat rencana pensiun, membangun aset digital 
  • tahun kedua – memiliki database 1000 customer, melakukan upsales
  • tahun ketiga – membangun sistem autopilot yang profitable   

Langkah kelima : Konsisten sampai garis Finish

Konsistensi merupakan komitmen yang terpenting dalam mencapai tujuan, dengan konsisten apapun yang dilakukan akan merubah kesulitan menjadi mudah, kerumitan menjadi sederhana, jam terbang yang tinggi akan membentuk kebiasaan yang merupakan autopilot kesuksesan kita.

Contoh :

Kita ingin pergi ke Bogor beli asinan dan Jakarta. Pada saat tujuan toko ditetapkan kita siapkan pakaian pergi, dompet, tas dan uang elektronik untuk naik kereta atau bayar tol dan beli bensin. Lalu berangkatlah dengan kendaraan yang dapat mengantar sampai ke tujuan, silahkan pilih kendaraanya, ikuti alur perjalanya agar tidak tersasar dan membuang waktu, tenaga dan biaya. Dan yang terpenting jalan terus jangan berhenti di tengah jalan apalagi menginap atau tiba-tiba merubah niat dan tujuan … wah berabe kalau sampai kejadian seperti ini, padahal tujuan toko asinan nya tinggal sedikit lagi sampai.

Nah cerita diatas itu menggambarkan pentingnya konsistensi.

Selamat menikmati proses Hijrah yang efektif membawa kita ke tujuan atau cita-cita.

Salam,

A.Syahrial