Jamaah Tabligh

Jamaah Tabligh

*JAMAAH TABLIGH, dlm sebuah makalah ilmu agama islam UNJ*
Oleh : Ahmad Sofwan Qudsy
Jamaah Tabligh merup pergerakan Islam yg mjdi fnomena prjuangan Islam yg mendunia di masa kini. Pergerakan Jamaah Tabligh ini sgt cepat dan mudah diterima oleh pengikutx.

Jamaah Tabligh telah mjdi kelompok Islam tdk hy di Indo di setiap Negara Jamaah ini psti ada.

Merebakx Jamaah Tabligh sebnrx hylh slh satu sekuen dr prkembangan srupa di byk negara.

Kelompok ini skrg sdg mewabah di seluruh dunia, dan mjdi ujung tombak gerakan islamisasi di negara2/ daerah2 non-muslim.

Mereka berkembang pesat krn mnawarkn format Islam yg lbh ramah, sederhana, sentuhan personal & tekanan pengayaan spritualitas prsonal. Format semacam ini mmpu mengisi ruang kosong yg ditinggakan oleh kapitalisme dan modernisme.

Jamaah Tabligh merupakan potret  gerakan dakwah islam kekinian yg brsifat lintas ngara. Islam yg terlihat pd wajah Jamaah Tabligh adlh santun, rendah hati, dan cndrung mnghindar dr khilafiyah (prbedaan pndpt). Pr aktivitas Jamaah Tabligh ( _Karkun_) secara rajin dan berkesinambungan akn kluar brdakwah ( _berKhuruj_) untuk mnympaikn dakwah Islam dg cara yg menarik, agar Islam mjdi pedoman hidup sehr2 bgi pemelukx.

*Sejarah Jamaah Tabligh*
Jamaah Tabligh _’Kelompok Penyampai’_ (bhs.Arab : التبليغ جماعة) adlh grakan dakwah Islam dg tujuan utk kembali mengikuti ajaran Islam yang tdk hy terbatas pd golongan Islam sj.

Sdg, tujuan utama gerakan ini adlh utk mmbangkitkan jiwa spiritual dlm diri & kehidupan setiap muslim. Jamaah Tabligh merupakan prgerakn non-politik trbsr d sluruh dunia.

Jamaah Tabligh didirikan pd akhir dekade 1920-an oleh *Maulana Muahammad Ilyas* bin Muhammad Ismail al-Kandahlawi al-Deoband al-Jisti di Mewat, sebuah provinsi di India.

Deobandi adalah nisbat kepada Deoband, salah satu madrasah terbesar bgi pngikut mazhab Hanafi di India. Madrasah ini didirikan pd thn 1283 H.

Maulana Muhammad Ilyas lahir pd thn 1303 H. Muhammad Ilyas mnghabiskan masa kecilx di Kandala, seb desa d kawasan Muzhaffar naghar di wil. Uttarpradesh, India. Ayahx brnma Muhammad Ismail, tinggal di Nizhamuddin, New Delhi, India yg kmdian mjdi mrkas besar Jamaah ini.

Muhammad Ilyas meninggal pd tahun 1364 H. Muhammad Ilyas tumbuh dan berkembang di lingk keluarga sgt agamis dg tradisi keilmuan yg sgt kental.

Ayahx, adlh seorang pnganut tasawuf yg sgt abid & zahid. Dia tlah mngabdikn hidupx dlm ibadah dan tdk lg terlalu disibukkn dg urusan dunia. Sbalikx hri2x hy disibukkan dg membaca Al-Quran.

Muhammad Ilyas telah hafal Al-Quran dlm usia yang sgt muda. Dia belajar kpd kakak kndungx sendiri yg bernama Syaikh Muhammad Yahya. Selesai itu, dia bljr di madrasah Mahahirul Ulum, di kota Saharanpur. Dan pd thn 1326 H, di brgkt ke Deoband. Sekolah ini terbesar utk pengikut  Imam Hanafi di anak benua India yg didirikan pd tahun 1283 H/ 1867 M. Di sini dia bljr hadist Jami Shahih Turmudzi & Shahih Bukhari dr seorang alim yg bernama Mahmud Hasan. Kemudian dia melanjutkan belajar Kutub al-Sittah pd kakakx sendiri, Muhammad Yahya yg wafat pd thn 1334 H.

Stlh bljr di Deoband dia ditugaskan sbg tenaga pengajar di mdrasah Madhairul Ulum pd thn 1328 H. Stlh itu dia kembali ke tmpt kelahiranx dan pergi ke hijaz, Saudi Arabia, untuk menunaikan haji.

Sbg seorg yg mmliki kepedulian yg sgt tnggi pd klangsungn ajaran Islam, mka ksmpatan mnuaikn ibadah haji ini dia gunakan utk brtemu dg brbagai kalangan ulama guna mmperbicangkan cra pengembangan trbaik dakwah Islam di India pd khususx.

Dia prgi ke Madinah dan tidur di masjid Nabawi slm 3 mlm. D saat itu dia puasa, shalat dan berdoa meminta petunjuk pd Allah jalan trbaik utk klanjutn dakwah Islam. Kmudian dia kmbli lg ke India & mmikirkn apa sbnrx yg tlh mmbuat umat Islam khilangan roh keislamanx yg hakiki.

Pd saat itu umat Islam India sdg mngalami krusakan akidah & degredasi moral yg sgt dhsyat. Umat Islam sdh tdk akrab lg dg syiar2 Islam. Di samping itu, trjdi prcampuran antara yg hak & yg batil, antara iman & syirik, antara sunah dan bid’ah. Lebih dr itu jg, telah terjadi gelombang permusryikn dan permurtadan yg didalangi oleh para misionaris Kristen dmn Inggris saat itu sdg bercokol dan menjajah India.

Gerakan misionaris yg didukung Inggris dg dana yg sgt bsr itu telah berusaha membolak2likkan kebenaran Islam, dg menghujat ajaran2 dan mndeskriditkan Rasulullah SAW.

Mk muncullah prtanyaan dlm benak Maulana Muhammad Ilyas, “Bgm cara mmbendung kristenisasi dan mengembalikan kaum Muslimin yg ‘lepas’ ke dlm pangkuan Islam? Itulah yg menjadi kegelisahanx.
Akhirx, Syaikh Ilyas mlht kelangsungan sebuah dakwah dan penyebaranx tdk akn trwujud kecuali bl dkwah itu berada di tangan org2 yg benar2 rela & ikhlas berkorban demi kpentingan dakwah & hy mngaharapkan spenuhx ridha Allah tnpa mnggantungkn diri bantuan dr manapun.

Gerakan ini lebih mnekankan memnt pengorbanan waktu kaum Muslimin dg melakukan Khuruj (keluar) di jln Allah utk berdakwah drpd memnt pd mereka bntuan uang/materi.

Di sinilah bagian yg menarik jamaah ini, bhw pengorbanan adlh menjadi salah satu tiang utama dlm berdakwah. Bhkan dlm setiap perjalanan dakwah itu, smua keperluan dtnggung oleh msg2 da’i yg brsangkutan.

Sepeninggal Syaikh Muhammad Ilyas Kandahlawi, kepemimpinan jamaah tabligh diteruskan oleh puteranya, Syaikh Muhammad Yusuf Kandahlawi (1917-1965), ia dilahirkan di Delhi, dlm mencari ilmu ia sering berpindah2 tmlt & guru, skaligus mnyebarkn dakwah. Ia wafat di Lahore, India dan jenazahx dimakamkan di smping org tuax di Nizham al-Din, Delhi. Kitabx yg terkenal adlh Amani Akhbar, berupa komentar kitab Ma’ani al-Atsar, karya Syaikh Thahawi dan Hayat al-Shahabah.

Dan penyebaran Jamaah Tabligh selanjutx diteruskan oleh Amir yg ketiga yaitu In’am Hasan.
Nama Jamaah Tabligh hy merup sbutan bagi mereka yg sring mnympaikn dkwah. Sbnrx usaha ini tdk mmpyai nma ttpi cukup islam sj tdk ada yg lain. Bhkn Muhammad Ilyas mengatakan seandaix aku harus memberikan nama pd usaha ini maka akan aku beri nama ‘gerakan iman’.

Ilham utk mngbdikn hidupx sec total hy utk islam trjdi ketika Maulana Ilyas melangsungkan ibadah haji kduax di Hijaz pd th 1926 M. Maulana Ilyas menyerukan sloganx yg terkenal, “Aye Musalmano!” Musalman Bano” (dlm bhs urdu), yg artix “Wahai Umat muslim! Jadilah yg kaffah (menunaikan smua rukun & syariah sprti yg dicontohkan Rasulullah SAW).

Jamaah Tabligh resmix bukanlah klompok ato ikatan, tpi gerakan muslim utk kmbali mnjlnkan agamax dg benar & hy satu2x gerakan islam yg tdk memandang asal-usul mazhab ato aliran pengikutx.

Jamaah ini muncul di India, kemudian trsebar k Pakistan & Bangladesh, ngara2 Arab srta ke seluruh dunia. D antara ngara2 yg byk pengikutx yaitu Mesir, Sudan, Irak, Bangladesh, Pakistan, Suriah, Yordania, Palestina, Libanon. Pimpinan pusatx berkantor di Nizhamuddin, Delhi.

Mk,dlm wktu kurang dr 2 dekade, Jamaah Tabligh berhasil berjalan di Asia Selatan. Dg dipimpin Maulana Yusuf, putra Maulana Ilyas, gerakan ini mulai mengembangkan aktivitasx pd thn 1946 M. Dan dlm wktu 20 tahun, penyebaranx telah mencapai Asia Barat Daya dan Asia Tenggara, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara

*Jamaah Tabligh Di Indonesia*
Di Indo, merujuk dr Zulfaqar, Jamaah Tabligh berkembang sejak 1952, dibawa oleh rombongan dr India yg dipimpin oleh *Miaji Isa*. Tpi gerakan ini mulai marak baru awal 1970-an. Mereka mnjdikan masjid sbg pusat aktivitas mereka.

Tak jelas brl jumlah mereka. Krn secara sttistik mmg susah dihitung. Ttpi yg jls, mereka ada di mn2 di seluruh penjuru Nusantara. Pola dakwah Jamah Tabligh cocok untu org2 yg blm mapan/ awam dlm ilmu keagamaanx ato msh dlm fase pencarian??

Di Indonesia, hy mmbutuhkan waktu 2 dekade, Jamaah Tabligh sdh mnggurita di seluruh tanah air. Hmpir tdk ada kota di Indonesia yg blm trsentuh oleh model dakwah mereka.

Tanda kebesaran & keluasan pengaruhx sdh ditunjukkan pd saat mengadakan ‘prtemuan nasional’ d Ponpea Al-Fatah Desa Temboro, Magetan, Jawa Timur pd tahun 2004.

Kenyataan ini sungguh di luar dugaan utk sebuah organisasi yg relatif baru & tdk mmpyai akar di Indonesia.

Merebakx Jamaah Tabligh sbnrx hylah slh satu gerakan dr prkembangan srupa di byk negara. Kelompok ini skrg sdg mewabah di seluruh dunia, dan mnjdi ujung tombak grakan islamisasi d ngara2 & d daerah2 non-muslim. Mereka bs, krn menawarkan format Islam yg lbh ramah, sderhana, sentuhan personal tnpa tekanan. Sebalikx yg mereka tekankan adlh pengayaan pd spritualitas prsonal.

Format semacam inilah yg bs mengisi ruang kosong yg ditinggakan oleh kapitalisme dan modernisme.
Meskipun demikian, Jamaah Tabligh ttp mnimbulkan kontroversi. Namun, sbgian kalangan mnuduh kelompok ini adlh bagian dari jaringan Islam garis keras. Dan, sbgian lainx, justru berpdlt berbeda.

Jamaah Tabligh  dianggp semata2 hy komunitas dkwah yg bersifat aPolitis.

Ciri khas komunitas ini relatif kurang terbuka kpd publik. Jamaah Tabligh di Indonesia meski tak spopuler organisasi masyarakat sprti Muhammadiyah ato NU. Namun Jamaah ini trbilang mmpyai anggota yg cukup byk. Anggota Jamaah Tabligh di Indo sgt bervariasi, mulai dr artis smp dg tentara, kalangan profesional dll.

Pusat markas Jamaah Tabligh di Indo berada di Jakarta, khususx di Masjid Kebon Jeruk di Jl Hayam Wuruk, Jakarta Kota.
Di masjid yg sdh brusia lbh dr 2 abad ini, kita akn mnjumpai ratusan jamaah yg hampir slruhx *Berjenggot*.

Jamaah Tabligh ini berkumpul rutin stiap malam jum’at. Hy pd malam itu mereka berkumpul di masjid tua di Kebon Jeruk. Mreka jg menggunakan *Surban, Berjubah, Brcelana Cingkrang dibwh lutut & Brpeci Putih, dg Untaian Tasbih ato Tongkat di tangan, Berdahi Hitam, dan Aroma Minyak Cendana*, ciri khas jamaah dr Asia Timur.

Pd acara ijtima’ Internasional, rombongan Jamaah Tabligh dr Indo pun turut hadir. Rombongan dr Indo dtg brasal dr brbgai profesi, antara lain pimpinan pondok psantren, pngusaha muda, eksekutif muda, artis, pdgang kaki lima, pegawai ngeri & bupati. Artis Gito Rollies adlh slh seorang di antarax.

Acara ijtima’ utk skala Indo jg pernah dilakukan di Medan, Lampung & Jakarta.

Acara ijtima’ jamaah tabligh utk skala Asia Tnggara, baru2 ini (2004) dlkukan di *Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah Desa Temboro, Kec. Keras, Magetan, Jawa Timur*.

Acara yg dihadiri oleh sekitar 20rb anggota Jamaah Tabligh ini terbilang istimewa, sbb calon Wakil Presiden Yusuf Kalla turut hadir dlm acara pembukaan tsb. Acara ijtima’ ini merup awal dr acara khuruj yg mnjdi prog Jamaah Tabligh.

*Teologi Jamaah Tabligh*
Jamaah Tabligh bermanhaj *Sufi* dlm mslh teologi. *Tasawuf* sgt mndominasi dlm ajaran jamaah ini. Dmn mereka sgt bersemangat skali dlm ibadah & dzikir,utk melatih diri dg sdkit mkn & minum, tidur & berbicara.

Mreka jg mncurahkn prhatian besar trhdp *Mimpi dan Takwil*. Teologi mereka adlh *Ahlu al-Sunnah wa al-Jamaah* sbgmn umumx keyakinan ormas NU.

Akidah Jamaah Tabligh adlh *Asy’ariyah Maturidiyah* yg brkeyakinan akan adax *Mukasyafah, Wali2 Aqhtab*. Dan mrka *Mmbenarkan Ucapn2 Syathahat*. Mrka jg mnghidupkn dan mengajarkan *Tabbaruk dan Tawasul* trhdp makhluk utamax Kuburan2 Nabi/ Wali2/ Ulama/ Org Suci (org alim) diantara mrka, dll.

Mrka jg mnghidupkn *Mawalid dg mmbaca Qasidah Burdah*.

Tujuan teologi mereka adlh untuk mrealisasikn 6 dsr (ushul al-sittah) yg sll mrk istiqamahkn siang malam, yaitu :
a. Merealisasikan Syahadat ; Laa ilaha illa Allah wa Asyhadu’anna Muhammadar Rasulullah.

b. Shalat dg Khusyu’.

c. Mengamalkan Ilmu Syariah

d. Mmperbaiki Niat.

e. Mnghrmati ssma kaum Muslimin dan bersikap lembut kpd mereka.

f. Khuruj (keluar utk berdakwah) di jalan Allah

*Pemikiran Dasar Jamaah Tabligh*
Dlm gerakan Islam kontemporer, Jamaah Tabligh adlh gerakan dkwah yg mmpyai pengikut yg cukup besar, pengikutnya hampir ada di setiap negara baik yg dihuni oleh mayoritas muslim mopun non Muslim.

Bykx pengikut di berbagai negara tdk trlepas dr pemikiran yg ditwrkan Jamaah Tabligh kpd pengikutx.

Ada 2 prinsip sgt fundamental dr Jamaah Tabligh yaitu tdk melibatkan diri dlm politik prktis & tdk membahas mslh keagamaan yg bersifat Khilafiyah sbgmn halx kyakinn aliran *Murjiah* yg menganggap setiap amaln & ibadah psti ada blsanx, shngga mrka sm skali tdk ingin trllu jauh turut campur dlm mslh politik/ khilafiyah biarlah itu sbg tg.jwb pribadi msg2.

Pemikiran Jamaah Tabligh lbh jauh bs dikatakan bertolak blkg sec diametral dg gerakan dakwah Islam lainx.

Sdkitx ada 4 prinsip dlm Jamaah Tabligh yg paradoks dg gerakan dakwah Islam lain, yaitu :
1. Menurut Jamaah Tabligh, pd saat ini pintu ijtihad sdh dtutup. Sbb mnrutx, syarat2 ijtihad yg dikemukakan ulama salaf sdh tdk ada lg di kalangan ulama saat ini. Krn itu, ada kehrsan bgi kaum muslimin utk *BerTaklid*.

2. Pndktan dkwah & ibadah yg dgunakan adlh dg cra tasawuf, tdk dg cara politik, sosial, budaya ato pun perlawanan bersenjata. Sbb Jamaah Tabligh sgt prcaya bhw tasawuf adlh cra yg tepat utk mewujudkan hub dg Allah dan dg ssama makhluk agar bs mmperoleh klezatan iman. Mengutamakan ibadah mahdhoh, sbmn tasawuf, byk dtntang oleh grakan Islam lainx utamax oleh gerakan Wahabi, Hizbut Tahrir, Ikhwanul Muslimin dll.

3. Jamaah Tabligh tdk mmandang prlu Nahi Munkar, alasanx bhw fase skrg mnurut mrka adlh fase mwujudkn iklim yg kondusif bgi masukx kaum muslimin ke dlm Jamaah mereka.
Dg prinsip ini, kehadiran Jamaah Tabligh di brbagai tmpt nyaris tak mndpt resistensi. Prinsip ini byk mendpt kritik dr berbagai kalangan pemikir Islam, sbb dg demikian (tanpa nahi munkar) Islam sprti agama Hindu, hy mnyeru kbaikan, tnpa mo mencegah kemunkaran.

4. Jamaah Tabligh memisahkan antara agama dan politik. Setiap anggota tdk berhak mengkaji politik ato terjun ke dlm urusn yg brhub dg pemerintahan. Sbb mnurut mrka politik praktis hy akan membawa kpd perpecahan.

*Metode Dakwah Khuruj*
Mrka bgtu mncintai dakwah yg mereka sebut dg Khuruj. Mnjdi slh satu ciri khas grkan Jamaah Tabligh adlh adax konsep khuruj (kluar untuk berdakwah). Dalam konsepsi Jamaah Tabligh, sseorg akn dianggp sbg pngikut setia, jk sdh turut srt dlm khuruj. Sbb khuruj bgi Jamaah Tabligh merup sebuah Kewajiban.
Mrka bgitu mncintai dakwah mrka. Bhkn khuruj ini trmsuk dlm bagian tak trpisahkn dr syari’at. Mreka bgtu bangga dg metode ini, smp2 jika ada di antara jamaah yg disuruh memilih antara Khuruj dan Haji, maka mereka lbh memilih khuruj.

Mmg aneh bagi kita ada pilihan utk Haji yg nyata hukumx fardhu (wajib bgi muslim yg mmpu) ttapi lbh memilih utk berkhuruj.

Di bagian khuruj ini sbgian ulama yg berasas salafi mnyatakan khuruj ini tdk pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Ttapi Jamaah Tabligh ttp tegar menghadapi hujatan2 tsb.
Mnrut kyakinan mrk khuruj adlh prb/ an jihad fi sabilillah??? Krn menurut mereka dg khuruj itulh mrka brusaha mnegakkan ajaran Islam di jalan Allah SWT.

Mereka brdalil ttg disyari’atkn khuruj ini asal mulax dr mimpi pendiri Jamaah Tabligh yaitu Maulana Ilyas al-Khandahlawi, yg bermimpi tentang tafsir Q.S. Ali Imran: 110, yg berbunyi,”Kuntum khairu umati ukhrijat linnasi…” mereka menafsirkan kata ukhrajat dg makna keluar utk mngadakan perjlnan (siyahah).

Mereka pun ketika khuruj & berdakwah kpd umat dg disrtai ilmu dan bashirah (hujjah/ argumen yg nyata dan jelas). Saat khuruj mereka mengajak kaum muslimin utk menegakkan shalat. Namun sm skali tdk ingin membahas prmasalahan shalat sec mendlm brserta hujjah dan dalilx. Krn mmg prgerakan ini ditabukan untuk mmbahas mslh2 khilafiyah. Mereka hy mengajak dan mencontoh kpd Rasulullah SAW dg mengikuti sunnah2 beliau.

Kemudian, Mreka jg mengkhususkan bilangan jumlah hari dlm berdakwah sec tertentu. Mereka mnentukan bilangan hari dlm khuruj dg bilangan hari khuruj selama 6 bulan, 3 bulan, 40 hari, 20 hari, 7 hari ato seminggu dan 3 hari.

Khuruj ini terbilang wajib utk dilakukan oleh mereka yg sdh bergabung dg Jamaah Tabligh.

Dalam khuruj yg dilakukan antara lain; menentukan tempat dan target dkwah. Biasax mrka yg khuruj brklompok terdiri dr 5-10 org. Mrka biasax disleksi oleh anggota Syura Jamaah Tabligh siapa sj yg layak utk khuruj. Mereka yg khuruj dikirim ke brbagai kampung yg telah ditentukan. Di kampung tempat berdakwah, para Jamaah Tabligh ini, menjadikan masjid sebagai base camp dg membw bbrp keperluan makan-minum & peralatan ibadah.

Kemudian mereka brpencar ke rumah2 penduduk utk mngajak msyarakat lokal utk menghadiri prtemuan di masjid tmpt mrka singgah. Selanjutx mereka akan mnyampaikan pesan2 keagamaan.

*Jamaah Tabligh dan Kitab Fadhail Amal*
Buku pedoman utk kelompok ini adlh *Fadhail Amal*. Merupakan salah satu buku rujukan ato pedoman utama Jamaah Tabligh. Dikarang oleh *Muhammad Zakariya Al-Khandalawi* kemenakan skligus mnantu Muhammad Ilyas.

Buku tsb sllu dibawa oleh Jamaah Tabligh kemana sj Jamaah ini berada. Buku ini selalu mendampingi dkwah mrka. Hmpir di stiap masjid yg di diami Jamaah Tabligh, tntulh buku itu ada. Bhkan, buku ini yg sering mreka baca sec brklompok setiap dlm bayan selesai shalat.

Hal yg prl dkthui utk kita, bhw Muhammad Ilyas menyetujui kitab ini. Bhkn sking gmbirax atas ditulisx buku ini, ia mngungkapkn dlm bntuk tulisan jg. Yg trtulis dlm salah stu suratx kpd bbrp alim ulama, yg brbunyi : _“Syaikhul Hadist (Muhammad Zakaria) tlah brhasil menulis seb kitab. Mmg hati sya yg menghendaki agar setiap bag dr kerja tabligh ini akan ada satu risalah yg ditulis oleh beliau”_.

Dalam tulisan lain, Muhammad Ilyas jg mngtakan, _“Smoga Allah menerima tulisanmu dan jg pengaruhx. Seandaix engkau pegang kemuliaaan tabligh ini, mka Insya allah bukumu & pengaruhx tdk hy tersebar di negeri India, bhkn jg akan membanjiri tanah Arab dan Ajam”_.

Dalam buku Hazrat Syaikh Maulana Zakariya, tulisan Sufi Muhammad Iqbal disbutkn, bhw _“Maulana Muhammad Zakariya telah mlht di dlm mimpix, seolah bhw draft kitab2ku, sprti Aujaz tlah disusun & daku akan serahkan kpd Rasul SAW. Di sblh kanan Rasul SAW, diduduki oleh Allama Zakarni dan Allama Ba’aji di sebelah kiri. Apabila daku menghampiri Rasulullah SAW, daku lihat kitab Aujaz yg lengkap berada di tanganx, yg serupa dg kitab2 yg kubwa brsma2ku ditunjukkan kpd baginda Rasulullah. Dan, Rasul SAW sgt brgembira dg doaku yg aku tdk bs ingat. Daku sgt gmbira dg mimpi ini. Dan brhrp usahaku menyusun Aujaz dpt diterima”_.

Kitab Fadhail Amal ini trnyata jg telah menimbulkan kontroversi di kalangan ulama Sufi sndri. Krn di dlmx trdpt byk ajaran yg berasal dr *Hadist2 Dho’if* yg berisikan ajaran2 *Ghuluw* (brlbh2an) dlm beramal dan beribadah. Namun skali lg Jamaah Tabligh pun mnanggapix dg legowo, mnerima semua hujatan tsb.
Wallahu a’lam..🙏😊
Semoga Bermanfaat