Arti kata Jazakallahu Khairan

Arti kata Jazakallahu Khairan

Jazakallahu Khairan – Arti dari Jazakallahu Khairan adalah Semoga Allah Membalasmu dengan Kebaikan. Kalimat Jazakallah khairan digunakan sebagai bentuk rasa Terima Kasih seorang Muslim terhadap sesama Muslim lainnya yang telah melakukan suatu kebaikan.

Begitupun Jazakumullah Khairan artinya adalah Semoga Allah Membalas Kalian dengan kebaikan. Makna dari keduanya sama, hanya berbeda dalam penggunaan.

Jazakallah artinya adalah semoga Allah membalasmu.. Membalasmu dengan apa? ya dengan Khairan yang artinya adalah kebaikan.

Kalimat Jazakallah Khairan (dibaca: Jazakallahu_Khairan) atau Jazakumullah Khairan (dibaca: Jazakumullahu_Khairan) saling berhubungan dan penggunaannya tidak bisa dipisahkan menjadi Jazakallah saja, atau khairan saja. Jadi, biasakanlah untuk mengucapkan kalimat yang mengandung do’a ini secara lengkap sesuai yang dicontohkan.

Dasar penggunaan Jazakallahu Khairan terdapat dalam Hadits yang diriwayatkan Dari Usamah bin Zaid r.a, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى
الثَّنَاءِ ».

Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.”

(HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Kitab Shahih Al jami’, no. 6368)