Kedustaan adalah Kejahatan yang Harus dihindari

Kedustaan adalah Kejahatan yang Harus dihindari

Kedustaan adalah Kejahatan yang Harus dihindari

Bismillah. “Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta” (Muttafaq ‘alaih)

Kedustaan harus ditutup dengan kedustaan berikut, karena kedustaan yang terbongkar akan menimbulkan rasa malu. Rasa malu itu ditimbulkan karena aib atau perbuatan memalukan yang telah dilakukan sebelumnya, dan pada akhirnya terpaparkan. Kedustaan ditutup dengan segala kerabat dan kesemendaannya seperti kemunafikan, kepura-puraan, kebiasaan bersandiwara dan menutup diri, akan berkembang subur.

Ketika kedustaan bertumpuk, beban kedustaan tersebut akan terbawa terus karena adanya cibiran dari suara hati, sementara suara hati tidak bisa dibungkam, atau disingkirkan jauh-jauh. Suara hati selalu berdiam dalam diri sendiri, dan akan terus mengiring ke mana pun orang itu pergi. Seperti sudah dikatakan, semakin lama sebuah kedustaan tersimpan, semakin besar efek bola salju yang ditimbulkan. Semoga Allah sentiasa menjaga kita terhindar dari sifat dusta, salah satu ciri orang munafik. Semoga bermanfaat. Barakallahu fiikum.

Sumber artikel baitulmalfkam