Kehidupan adalah Cermin Diri

Kehidupan adalah Cermin Diri

CERMIN DIRI

Kehidupan adalah sebuah cermin dan akan merefleksikan kembali pada pemikir apa yang ia pikirkan (Ernest Holmes pendiri Devine Science)

Seorang anak laki-laki tinggal di dekat sebuah gua. Suatu hari ia bermain-main di mulut gua itu. Ketika sedang asyik bermain, tiba-tiba ia dikejutkan oleh seekor tikus yang lari melintas dan secara refleks anak itu menjerit kaget. Tanpa ia duga ceritanya itu menggema di dalam gua seakan ada anak lain di seberang gua sana. Karena penasaran anak itu pun bertanya dengan suara keras, “Siapa di sana?”

“SIAPA DI SANA” suara di seberang gua malah balik bertanya Anak itu pun memperkenalkan dirinya, namun suara di seberang hanya mengulang apa yang ia ucapkan. Merasa dipermainkan, anak itupun berteriak, “ Aku benci kamu!”

“AKU BENCI KAMU!” suara itu bergema kembali membalas ucapan anak itu. Karena kesal, anak itu pun pulang kerumah dan mengadu pada ibunya kalau ada anak nakal di seberang gua yang mempermainkannya dan kini mereka saling membenci.

Mmendengar itu, ibunya tersenyum dan berkata, “Mengapa kalian saling membenci? Kalian kan belum pernah bertemu?”

“Karena dia bilang begitu padaku, jadi aku pun membencinya,” rajut anak itu.

Mengapa tidak kamu coba mengatakan ‘Aku sayang kamu’ mungkin dia juga akan menyayangimu?” kata ibunya.

Dengan enggan anak itu menyetujui saran Ibunya dan berjalan kembali ke mulut gua.Ia kemudian berteriak “Aku sayang kamu!”

Tak lama kemudian terdengar jawaban, “AKU SAYANG KAMU! AKU SAYANG KAMU!” Gema itu memantul beberapa kali dan wajah anak itu pun tersenyum karena merasa ada anak lain dibelakang sana yang menyayanginya .

Begitulah sesungguhnya kehidupan yang kita jalani, semua yang kita dapatkan adalah cerminan dari apa yang kita lakukan. seperti kata Ken Keys, jr “orang yang penuh cinta hidup di di dunia yang penuh cinta. Orang dengan sikap bermusuhan tinggal di dunia yang penuh permusuhan. Setiap orang yang anda temui adalah cermin diri Anda.”

Jadi apabila saat ini kondisi Anda masih banyak yang tidak sesuai dengan harapan Anda, janganlah sekali-kali Anda menyalahkan orang lain apalagi Tuhan atas kondisi yang anda alami. Satu-satunya orang yang patut Anda salahkan adalah orang yang berdiri cermin di hadapan Anda. Ya orang itu adalah diri Anda sendiri.

Untuk itu, kalau Anda ingin mengubah kondisi-kondisi Anda, maka Anda harus mengubah diri Anda sendiri hapuslah Criminal minds yang masih bertahan dalam pikiran Anda. Cobalah untuk senantiasa berpikir positif dalam setiap kesempatan, dengan begitu hasil positif akan muncul dalam hidup Anda.

Yakin dan percayalah bahwa anda adalah sosok istimewa yang mampu melakukan perubahan di dunia ini menjadi lebih baik . Jangan pernah menyerah ketika kualitas menghadang, hadapilah semuanya dengan positif. Semoga perjalanan Anda menuju masa depan menjadi lebih baik.

(Disarikan dari Buku “Stop Criminal Minds”)

Salam