Kesehatan Holistik

Kesehatan Holistik

Kesehatan Holistik

Melihat penyakit dari berbagai sudut pandang, berbagai hal, berawal dari manusia berhubungan dengan manusia, manusia dengan lingkungannya, manusia dengan apa yang dikonsumsinya, manusia dengan apa yang difikirkannya.

Pendekatan pengetahuan kesehatan holistik, diibaratkan dengan sebuah pohon ilmu. Setiap biji yang ditanamkan prinsipnya akan tumbuh akar dulu, baru batang, semakin dalam akar pohon maka akan semakin tinggi batang pohon nya, semakin lebar jangkauan akarnya maka akan semakin lebar ranting dan daun-daunya.

Akar : pemahaman tujuan-tujuan penciptaan, agar kita dapat merenungkan, semakin banyak dan meluas renungan kita maka ilmu pengetahuan semakin luas dan dalam untuk kita dapat menganalisa. (kitab renungan)

Batang : pemahaman nya batang adalah pengetahuan analisa dari fungsi masing-masing organ tubuh kita dan karateristiknya masing-masing. Apa tanda-tanda yang muncul pada tubuh manusia, apa yang bisa ditanyakan kepada diri kita apa yang dirasakan, dan pengetahuan peta penyakit bagaimana penyakit itu menjalar, dengan ini kita bisa melihat posisi kesehatan tubuh kita saat ini dimana. (kitab analisa)

Cabang : a. cabang fisik b. gizi dan herbal c. psikologiĀ  (kitab gizi dan herbal)

Kita perlu mengerti mengenai hukum alam, bagaimana kita diciptakan kenapa kita memiliki organ-organ tubuh, untuk apa dan fungsi setiap apa yang kita miliki.

Hukum alam itu :

  1. Hukum Berpasangan (pemeliharaan alam)
    1. ada siang ada malam
    2. ada panas ada dingin
    3. ada pria ada wanita
  2. Hukum Berproses (perjalanan alam)
    1. Renungan
    2. Analisa