Manfaat Makan Sayur

Manfaat Makan Sayur

Manfaat Makan Sayur

Sayur mayur terlihat menyegarkan dan menggiurkan bagi yang tau manfaat nya ditubuh kita, jika kita ingin tau manfaat makan sayur secara rutin, yuk simak beberapa catatan dibawah ini.

Kalau kita lihat gambar sayur diatas, ternyata yang disebut sayuran bukan hanya tumbuhan yang berwarna hijau ya, ada yang berwarna merah, orange, kuning, ungu dan putih.

Sayur berwarna hijau, manfaat makan sayur ini dapat berkhasiat membantu menurunkan tekanan darah bagi yang terkena penyakit darah tinggi. Sayuran hijau juga dapat menetralisir kadar kolesterol yang melebihi kebutuhan di dalam tubuh kita. Di sisi pencernaan sayuran hijau dapat menormalkan waktu usus kita dalam mencerna makanan. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau efek positif lain nya dapat membuat mata kita menjadi sehat. Manfaat penting yang didapat dari mengkonsumsi sayuran hijau yaitu dapat menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya dan meningkatkan aktifitas sistem kekebalan tubuh kita.

Sayuran berwarna merah mengandung zatlikopen, asam ellagic, quercetin, dan hesperidin yang bermanfaat sebagai pencegah kanker, menurunkan tekanan darah, mengontrol pertumbuhan tumor dan kadar kolesterol dalam darah, serta dapat menghambat radikal bebas yang terserap oleh tubuh kita.

Sayuran berwana kuning dan oranye, mengandung beta-karoten zeaxantin, flavonoid, likopen, kalium, dan mengandung banyak vitamin C. Kandungan tersebut sangat penting dalam melindungi sel tubuh yang memberikan efek stabilnya tekanan darah dan melancarkan metabolisme tubuh kita.

Sayuran berwana Putih mengandung banyak plavonoid yang dapat membantu pertumbuhan membran sel tubuh. Kandungan yang ada didalamnya juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menurunkan resiko kanker usus besar, kanker payudara dan kanker prostat.

Sayuran berwarna ungu mengandung magnesium yang diperlukan tubuh untuk memperlancar pencernaan. Kandungan yang ada didalam nya dapat meningkatkan kesehatan mata, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penyerapan kalsium dan mineral lain yang untuk melawan peradangan dan menghambat pertumbuhan tumor.