Membangun Sistem Auto Pilot

Membangun Sistem Auto Pilot

Pada Dbuku rich dan poor dad, dijelaskan ada 4 posisi tentang cara kita menghasilkan uang. Ada kuadran kiri dan ada kwadran kanan.

Golongan kuadran kiri mendapatkan penghasilan dari bekerja secara aktif, golongan ini lebih condong ke spesialisasi dengan meningkatkan keahlian spesifik agar dapat berguna utk bekerja pada orang lain atau perusahaan. Mereka disebut Employee dan Self Employee.

Golongan kuadran kanan mendapatkan penghasilan dari membangun aset produktif, golongan ini lebih condong pada pemikiran general dan strategi. Beberapa dari golongan ini pada awalnya pengasilan didapatkan dengan cara bekerja juga seperti seorang self employee, karena utk menyeberang dari kuadran kiri ke kuadran kanan haruslah berani berjuang dan hidup sederhana kecuali memang sdh dilahirkan dengan kemapaman. Mereka di golongan kuadran kanan adalah Pemilik Bisnis yg tersistem dan para Investor.

Dimana posisi Anda sekarang?

Untuk membangun sebuah usaha relatif mudah dan sulit tergantung siapa yg akan membangun nya. Tapi perlu dipahami sebuah usaha yg masih harus diduduki/disetir terus oleh pemiliknya adalah termasuk bisnis golongan kuadran kiri, ibarat supir mengendarai kendaraan. Pada saat sang supir berhenti maka kendaraanya ikut berhenti atau kalaupun diberikan pada supir lain biasanya kendalinya tidak akan sesuai. Artinya Anda sebagai pemilik usaha sekaligus menjadi superman atas semua kegiatan usaha, semua mau nya ikut dilakukan sendiri.

Idealnya disisi kuadran kanan sebagai pemilik usaha harus fokus pada perancangan sistem usahanya sehingga kendali usaha dilakukan by system dan auto pilot.

Ada 4 hal yg perlu dibuat :

1. Bentuk tim marketing (Lead Creator).

2. Bentuk tim sales (Lead Conversion).

3. Bentuk tim logistik & distributor.

4. Bentuk tim keuangan & akunting.

Sebagai pemilik usaha pimpinlah 4 tim diatas hingga menjadi tim yang super dengan memotivasi, memfasilitasi dan memberikan kepercayaan tanggung jawab sesuai visi pemilik usaha.

Maka Anda akan memiliki Aset yg produktif aktif dan kuat, sehingga Anda lebih leluasa membangun dan mengembangkan aset aktif lainnya.

Golongan kuadran kanan hidup dari aset yg produktif bukan seperti kuadran kiri yang hidup dengan mengandalkan dirinya bekerja dgn keahlian spesialis nya.

Kuadran kanan bekerja membangun aset yg auto pilot sehingga pada saatnya aset2 yg dibangun akan menghasilkan lebih besar dari kebutuhannya, sehingga tidak perlu lagi bekerja.

Kuadran kiri suatu saat akan berhenti bekerja karena usia dan kondisi fisik yg terbatas, maka berhenti pula penghasilannya, kecuali pegawai negeri yg berharap mendapatkan uang pensiun di usia tua nya.

Lalu dimana posisi Anda sekarang?