Membentuk Kebiasaan dalam 21 Hari

Membentuk Kebiasaan dalam 21 Hari

Membentuk Kebiasaan dalam 21 Hari

Membentuk kebiasaan baru dalam 21 hari adalah hasil penelitian Dr Maxwell Maltz dalam bukunya Psyco-Cybernetics yang menemukan dibutuhkan waktu 21 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan baru.

Ada 3 tahapan selama 21 hari untuk menanamkan memori di otak bawah sadar yang bisa memerintahkan tubuh dan pikiran melakukan kebiasaan baru tersebut.

Tahap 1, 7 hari pertama sebagai tahap pengenalan.

Tahap 2, 7 hari kedua sebagai tahap pengulangan dan masuk fase latihan.

Tahap 3, 7 hari ketiga adalah tahap penguatan menuju pemantapan.

Terlepas apakah itu kebiasaan baik atau buruk dalam 21 hari terus-menerus tanpa terputus maka akan tertanam kuat dalam pikiran bawah sadar manusia. Seperti contoh memulai kebiasaan shalat tahajud terus-menerus 21 malam maka itu akan jadi kebiasaan baru yang pikiran bawah sadar mensetting jadwal otomatis utk bangun malam utk tahajud.

Begitu juga ketika Anda membiasakan datang terlambat kerja terus-menerus selama 21 hari, dan itu akan jadi kebiasaan yang susah dihilangkan.

Mari kita hilangkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan baru yang baik untuk membentuk kepribadian yang lebih sukses, kaya dan bahagia.

Sebuah pepatah mengatakan, “Pertama, kita yang membentuk kebiasaan. Kemudian kebiasaan yang membentuk kita”. (First, we form habits, then they form us)

Begitu juga untuk membiasakan menulis. Buat jadwal rutin menulis tiap hari (setidaknya setengah jam per hari), jika itu pagi hari rutinlah menulis tiap pagi, begitu juga kalau menulisnya malam dan rutinkan menulis tiap malam, atau waktu lain dimana anda merasa kreatif dan banyak ide waktu itu, dan rutinkan tiap hari menulis di jam yang sama tersebut. Terus lakukan tak putus-putus selama 21 hari (lebih lama lebih mantap).

Anda akan mendapati bahwa menulis itu asyik, ada sesuatu yang berbeda ketika anda tidak menulis dalam sehari. Bahkan, alarm pikiran bawah sadar secara otomatis menset jam menulis anda itu, ajaibnya anda bisa menulis padahal lagi tidak punya ide apapun. Inilah powerpullnya pembiasaan menulis rutin.

Selamat mencoba….

Mekanisme Sukses Otomatis