Memelihara Ikan Hias Cichlid

Memelihara Ikan Hias Cichlid

Disaat pandemi ini, waktu banyak dihabiskan dirumah. Sebagian besar kegiatan selain pekerjaan yang bisa dikerjakan dirumah adalah aktifitas yang bisa dilakukan dirumah seperti bersih-bersih, menata ulang garasi dan ruangan rumah. Ada juga yang hobi asik main air, memelihara ikan hias atau membuat aquascape.

Ternyata kegiatan memelihara ikan pun beraneka ragam. Nah, salah satunya yaitu memelihara ikan yang berasal dari benua Afrika yaitu ikan Cichlid. Ikan ini mudah dipelihara, kuat dan tidak mudah mati, memiliki sifat yang agresif mudah dikasih makan dan lincah. Bentuk dan besar nya hampir sama untuk beberapa jenis, tetapi memiliki aneka warna yang unik dan cantik, inilah alasan kenapa jenis ikan ini banyak penggemarnya.

Untuk memelihara ikan ini, kita perlu mempersiapkan sebuah aquarium minimal panjang 50 cm. Idealnya sih 1 meter atau 100 x 40 x 40. Lebih panjang aquarium lebih baik. Untuk hardscape nya gunakan pasir malang, pasir bali atau pasir silika, lalu usahakan membuat tumpukan batu-batu yang memiliki celah untuk ikan bersembunyi. Aquarium yang panjang dan berbatuan cocok untuk ikan cichlid karena ikan ini adalah ikan predator yang agresif terutama yang berjenis kelamin jantan cenderung menjaga teritorial nya.

Jenis-jenis ikan cichlid apa saja ya yang umum dijual dan mudah ditemukan di toko-toko ikan?

Cichlid Auratus

Ukuran bisa sampai 11 cm, nama ilmiahnya adalah Melanochromis auratus, sedangkan sebutan yang biasa orang kenal dipasar ikan hias adalah Golden Mbuna, Golden Cichlid, Malawi Golden Cichlid.

Cichlid Electric Yellow

Ukuran nya bisa sampai 8 cm, nama ilmiah ikan ini adalah Labidochromis caeruleus, sedangkan sebutan umum dipasar ikan biasanya orang memberi nama ikan cichlid lemon.

Cichlid Damansoni

Ukuran ikan ini bisa sampai 7,6 cm dengan nama ilmiah Pseudotropheus demasoni. Secara umum orang menyebutkan nama ikan ini Demasoni Cichlid, Midnight Demasoni.

Cichlid Red Zebra

Ukuran jenis ikan ini bisa sampai 10 cm. Nama ilmiah nya Maylandia estherae. Secara umum dipasar ikan orang menyebutnya Orange Zebra Cichlid, Esther Grant’s Zebra, Orange Blue Mouth Breeder.

Aulonocara Blue Gold

Ukuran ikan jenis ini bisa sampai 11 cm, nama ilmiahnya Aulonocara korneliae. Dipasaran disebut Orange Shoulder Peacock, Aulonocara Blue Gold Roberti, Aulonocara Chizumulu. 

Masih banyak lagi jenis-jenis dari ikan cichlid ini. Kita sambung di postingan lain nya ya. Terimakasih.