Mendidik Anak Cara Islam

Mendidik Anak Cara Islam

Mendidik Anak Cara Islam

Anak-anak mudah dipengaruhi oleh lingkungan mereka. Zaman sekarang, sangat sulit untuk mendidik anak kita di lingkungan yang ideal, mengingat pengaruh dari media, teman-teman dan bahkan keluarga dekat yang kurang kondusif. Hal ini membuat para orangtua muslim harus komitmen dalam mendidik anak agar sesuai dengan ajaran Islam.

Dengan adanya televisi, radio, internet dan media yang sebagian besar menggembar-gemborkan nilai-nilai yang tidak Islami, sudah menjadi tanggungjawab orang tua agar anak-anak dapat diatur dengan contoh yang benar.
Tidak mungkin melindungi anak-anak kita dari segala pengaruh negatif yang dapat membentuk pikiran mereka dan perilaku mereka.

Namun dengan mengawalinya dengan contoh dari diri kita sendiri dan menunjukkan kepada mereka pilihan yang lebih baik, kita dapat mengatur mereka ke jalan yang benar, yaitu dengan mematuhi perintah Alloh Subḥānahu wa ta’alā dan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam.

Ada beberapa tips yang dapat dipraktekkan untuk membantu anak-anak kita tumbuh dengan dibekali nilai-nilai Islam.

1. Mulailah mengajarkan mereka betapa pentingnya beribadah kepada Alloh.
Hal terbaik yang bisa dilakukan oleh setiap orangtua muslim adalah mengajari anak-anak mereka untuk bisa memahami bahwa Alloh SWT adalah satu dan tidak ada yang patut disembah kecuali Dia. Ini adalah pesan mendasar dari Rasululloh SAW dan itu adalah kunci untuk ke syurga.

2. Perlakukan mereka dengan baik.
Kebaikan melahirkan kebaikan. Jika kita baik kepada anak-anak kita, maka pada gilirannya mereka akan menunjukkan kebaikan kepada orang lain. Nabi Muhammad SAW adalah contoh terbaik dalam bersikap kepada anak-anak.

3. Ajarkan mereka contoh pahlawan Muslim.
Daripada mengenalkan kepada mereka Batman atau Superman, lebih baik ceritakan kepada mereka tentang pahlawan nyata seperti Ali bin Abi Thalib RA dan pahlawan Muslim lainnya. Beritahu mereka bagaimana para pemimpin Muslim membawa perubahan yang damai secara nyata di dunia dan memenangkan hati umat Islam serta penduduk non-Muslim.

4. Biarkan anak anda duduk di sekitar orang dewasa.
Adalah lebih baik bagi anak-anak berada di antara orang dewasa, terutama ketika mendengarkan ceramah. Nabi Muhammad SAW sering menempatkan anak-anak di depan ketika berbicara kepada ummat muslim.

5. Buat mereka merasa penting.
Konsultasikan mereka dalam urusan keluarga. Biarkan mereka merasa mereka adalah anggota keluarga yang penting dan memiliki peranan penting untuk pertumbuhan dan kesejahteraan keluarga.

6. Jalan-jalan sekeluarga.
Lakukan perjalanan bersama keluarga dan hindari membiasakan memberi izin anak-anak kita untuk selalu pergi hanya dengan teman-teman mereka. Buatlah anak-anak anda berada betah di sekitar keluarga. Ingatlah bahwa anak-anak anda akan menjadi besar seiring dengan waktu sehingga tidak baik membuatnya tidak nyaman sehingga lebih menyukai keluar rumah.

7. Pujilah mereka.
Pujian adalah jurus yang ampuh untuk menyenangkan anak-anak, terutama di depan orang lain. Anak-anak merasa bangga ketika pujian orangtua mereka dapatkan sehingga mereka akan tertarik untuk melakukan perbuatan baik lainnya. Namun, pujian tersebut harusnya tidak berlebihan sehingga tidak berbuah kesombongan dan perilaku buruk.

Semoga anak2 kita menjadi anak2 yg sholeh/sholehah.
Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

___________
Selamat Beraktifitas
Barakallahu fiikum