Pentingnya Sebuah Perencanaan

Perancanaan sangatlah penting, karena perencanaan merupakan fungsi dasar dalam manajemen. Biasanya kita sebut POAC = Planning, Organizing, Actuating, Controlling. Dari urutan ini kita lihat Planning=Perencanaan ada pada urutan pertama, sisanya ketiga item tersebut pun masuk kedalam perencanaan.

pentingnya sebuah perencanaan

Memang dalam prakteknya melakukan berbagai bidang kehidupan dilakukan secara spontan dan tanpa arah yang jelas. Dengan adanya perencanaan ini ketidakjelasan tersebut dirubah menjadi lebih jelas dan tertata.

Perencanaan merupakan kompas tempat semua orang mendasarkan kegiatannya. Dan juga bertindak sebagai peta yang memberikan bimbingan tentang arah yang dituju dan bagaimana mencapainya.

Peta memang bukan wilayah sesungguhnya, tetapi tanpa peta, keadaan jauh lebih buruk karena orang benar-benar gelap tentang apa yang mesti dikerjakan.

Peta juga bisa salah dan dapat juga terjadi pada rencana. Ada perencanaan yang baik ada juga yang ngawur. Yang salah bisa mengakibatkan kekacauan namun demikian lebih baik memiliki rencana yang kurang ketimbang tidak memiliki rencana sama sekali.

Manusia boleh saja berencana dan menyempurnakan merikhtiarnya selebihnya kita mohonkan doa kepada Yang Maha Kuasa.

Kita membuat rencana atau tidak membuat rencana untuk masa yang akan datang, masa itu tetap akan datang juga kepada kita. Tetapi jika kita membuat rencana, masa depan akan datang sesuai dengan rencana yang kita buat dan usahakan.

Salam,
Syahrial