Cara Kerja Pikiran

Cara Kerja Pikiran

Cara Kerja Pikiran

Kalau saya katakan, “Jangan pikirkan kelinci hitam.” Apa yang ada dalam benak Anda? Tidak peduli betapa kerasnya Anda berusaha, tetap saja yang terbayang adalah kelinci berwarna hitam. Pernahkah Anda perhatikan, semakin kita berusaha berhenti memikirkan sesuatu, semakin sulit untuk melupakan hal itu? Entah itu urusan kenangan dengan mantan, kejadian negatif, kekhawatiran, atau yang lain.

Hal ini seperti paradoks, tetapi ketika Anda menghindari memikirkan sesuatu, ada bagian dari otak Anda yang bekerja dengan sibuk untuk menaruh pemikiran itu di pojok, lalu otak mencari sesuatu yang lain supaya Anda menghindari pemikiran tsb. Padahal, pada saat yang bersamaan, ada bagian yang terus-menerus memeriksa untuk memastikan bahwa pekerjaan itu dilakukan dengan seharusnya. Dan proses memonitor ini membuat Anda rentan terhadap hal yang sebenarnya Anda ingin lupakan. Lalu bagaimana?

FILTER. Jangan serta merta memercayai apa yang masuk dalam pikiran Anda. Kalau ada pemikiran “Aku memang orang yang gagal.” Tanyakan pada diri Anda, “Apa benar demikian? Bukankah aku pernah berhasil melakukan ini dan itu. Aku harus berusaha lebih keras.” Atau kalau kekhawatiran muncul lagi, katakan “Apa aku bisa mengontrol masa depan? Tidak bisa. Jadi percuma juga dikhawatirkan.”

UBAH FOKUS. Kalau tim musuh sudah mendekat, apakah penjaga gawang bisa berpikir hal lain? Satu-satunya yang dipikirkan adalah bagaimana mempertahankan gawangnya. Kalau Anda fokus pada hal lain, pikiran yang tidak diinginkan otomatis tersingkir.

GANTIKAN. Pikiran kita adalah medan perang yang paling utama. Ketika kita kalah di pikiran, maka kita akan menyerah dalam kehidupan. Karena itu, gantikan pikiran yang keliru dengan berdoa memohon dan berharap yang terbaik kepada Tuhan.

Kelebihan Manusia dibandingkan Makhluk lain di Dunia adalah diberikannya Akal Pikiran yang Sempurna. Hati-hati dengan Pikiran Anda karena Pikiran memiliki kekuatan yang maha dahsyat, jika benar menggunakannya akan memberikan kemenangan tetapi sebaliknya … perlu kita hindari.

Salam Sukses