Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2018.

Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2018.

Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2018.

1. AI Foundations
Menurut survei yang dilakukan oleh Gartner, sekitar dari 59 persen organisasi telah masuk ke tahap awal dalam mengumpulkan informasi untuk membangun strategi AI mereka.

Diharapkan tahun 2018 mendatang, AI dapat digunakan untuk meningkatkan pengambilan keputusan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menemukan model bisnis lainnya.

2. Intelligent Apps dan Analytics
Akan semakin banyak aplikasi dan layanan berbasis AI yang mampu mempelajari penggunanya. Gartner juga memprediksi bahwa sebagian smartphone yang dirilis pada tahun 2018 bakal dibekali dengan chipset AI.

3. Intelligent Things
Kombinasi AI dan machine learning memasuki era Internet of Things yang baru yakni Intelligent Thingsyang memungkinkan kita berinteraksi dengan cara yang lebih kohesif.

Contohnya perangkat seperti Amazon Echo dan Google Home yang bisa menerima perintah dengan suara. Kita akan lihat semakin banyak yang menggunakan teknologi suara. Bahkan beberapa perangkat pintar lainnya bakal bekerja secara mandiri tanpa input manusia.

4. Digital Twins
Digital Twin merupakan kembaran virtual sebuah mesin yang di simpan di dalam komputer yang dapat membantu kita mengumpulkan informasi berbasis data dan prediksi yang akurat.

Menurut Gartner, lebih dari US$440 miliar akan dibelanjakan untuk IoT pada tahun 2020. Di mana akan ada lebih 21 miliar sensor-sensor terhubung dan digital twin akan bermunculan menciptakan miliaran hal yang berpotensial dalam kerangkat waktu yang sama.

5. Cloud to the Edge
Menurut Gartner, pada 2020 lebih dari 26 miliar perangkat akan saling terhubung lewat jaringan. IoT mendorong pertumbuhan lalu lintas digital setiap tahunnya.

Ledakan data pada era Internet of Things (IoT) membuat cloud tidak mampu mengatasi beban data center. Edge computing dapat mengatasi beban pusat data, terutama menyangkut kecepatan, keamanan, kapasitas data, manajemen penyimpanan, dan jaringan.

6. Conversational Platform
Tahun 2018, semakin banyak perusahaan yang mengandalkan conversational platform yakni chatbot sebagai pendekatan baru untuk memenangkan hati konsumen. Teknologi ini memungkinkan perusahaan berinteraksi bahkan bertransaksi dengan konsumen mereka lebih cepat dengan biaya yang jauh lebih efisien.

7. Immersive Experience
Babak baru kombinasi teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) disebut Mixed Reality yang akan mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital.

Belum lama ini, Microsoft telah merilis headset Windows Mixed Reality. Apple dan Google telah membawa aplikasi AR untuk smartphone.

Gartner memprediksi bahwa dalam 5 tahun ke depan, fokus akan berada di MR. Di mana pengguna dapat berinteraksi dengan benda-benda di digital dan dunia nyata.

8. Blockchain
Blockchain merupakan sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik. Blockchain menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin.

Ke depannya Blockchain akan menggabungkan proses yang beragam, mencakup konsep middleware, database, keamanan, analisis/AI, manajemen moneter, dan identitas.

9. Event-Driven
Dengan kemajuan teknologi AI dan IOT, kegiatan bisnis akan dicatat secara digital. Dimana penemuan dan perubahan dalam bisnis dapat dideteksi dengan cepat dan dianalisis dengan akurasi lebih akurat. Gartner memprediksi bahwa pada tahun 2020, Event-Driven akan dibutuhkan untuk 80% dari solusi bisnis digital.

10. Continuous Adaptive Risk dan Trust
Perkembangan AI, IoT dan teknologi cerdas lainnya, tentunya harus diimbangi dengan sistem keamanan baru. Adalah continuous adaptive risk and trust assessment (CARTA) untuk menangani semua perubahan yang terus terjadi di lingkungan bisnis digital.

Itulah 10 tren teknologi industri 2018 menurut prediksi Gartner yang membawa dampak strategis bagi perusahaan. #dmc